Selasa, 05 Maret 2013

TUGAS ANALISIS IKLAN


1.      Transkripsi Percakapan Iklan Citra Night Whitening Lotion

A: “Waktunya tidur..”
B: “Sikat gigi? “
C: “sudah..”
B: “Pasang weker?”
C: “Sudah..”
A: “Citra night whitening lotion?”
B: “Sudah..”
C: “Emmm..”
B: “Citra night whitening lotion pakai sebelum tidur, untuk membantu regenerasi kulit.”

“Baru Citra night whitening, night whitening lotion pertama dari citra, dengan paduan sempurna dari minyak biji anggur dan ekstrak bulberry dari rahasia kecantikan asia untuk membantu regenerasi kulit ketika kamu tidur.”

A: “Waw.. Kulit cantik,  terasa lembut?”
C: “Sudah..”

Citra night whitening baru

Ditengah iklan ada tulisan:  night whitening lotion pertama dari citra
Penutup iklan:
Ada tulisan: Baru
Gambar produk
Dan ada tulisan merk dagang “unilever”





2.      Analisis Percakapan Iklan

A: “Waktunya tidur..”
B: “Sikat gigi?” (inisiasi)
C: “sudah..” (respon)
B: “Pasang weker?” (inisiasi)
C: “Sudah..” (respon)
A: “Citra night whitening lotion?” (inisiasi)
B: “Sudah..” (respon)
C: “Emmm..” (respon)
B: “Citra night whitening lotion pakai sebelum tidur, untuk membantu regenerasi kulit.” (feed back)

“Baru Citra night whitening, night whitening lotion pertama dari citra, dengan paduan sempurna dari minyak biji anggur dan ekstrak bulberry dari rahasia kecantikan asia untuk membantu regenerasi kulit ketika kamu tidur.”

A: “Waw.. Kulit cantik,  terasa lembut?” (inisiasi)
C: “Sudah..” (respon)

Citra night whitening baru



3.      Analisis Struktur Iklan
a.      Butir utama
Butir utama iklan ini berbentuk pertanyaan, hal ini dibuktikan pada percakapan:

A: “Waktunya tidur..”
B: “Sikat gigi?”
C: “sudah..”
B: “Pasang weker?”
C: “Sudah..”
A: “Citra night whitening lotion?”
B: “Sudah..”
C: “Emmm..”
B: “Citra night whitening lotion pakai sebelum tidur, untuk membantu regenerasi kulit.”

b.      Badan Iklan
Badan iklan ini bersifat subjektif, hal ini dibuktikan pada:

Ditengah iklan ada tulisan:  night whitening lotion pertama dari citra

“Baru Citra night whitening, night whitening lotion pertama dari citra, dengan paduan sempurna dari minyak biji anggur dan ekstrak bulberry dari rahasia kecantikan asia untuk membantu regenerasi kulit ketika kamu tidur.”

c.       Penutup
Penutup iklan menggunakan teknik lunak. Hal ini dibuktikan pada:

A: “Waw.. Kulit cantik,  terasa lembut?”
C: “Sudah..”

            Selain itu terdapat juga gambar produk dan tulisan:
a.       Citra night whitening baru
b.      Baru
c.       merk dagang “unilever”



Transkripsi Iklan Mie Sedap Ayam Spesial

Andi sayang banget sama ayam-ayamnya.
Pok! Pok! Pok! Pok!
Andi: “Nek aku sekolah ya?”
Sore itu..
Andi: “Nenek ayam-ayam ku mana?”
Nenek: “Sudah  makan dulu sana, ada mie ayam spesial tuh!”
Andi: “Enak.. Ayamnya asli.”
Andi: “Ayamkuuuuuuuuuuuuuuu!!! Ayamkuuuuuuuuuuuuu!!!”
Nenek: “Bukan di..  ini Mie sedap baru dari kaldu ayam asli… rasanya (pok! Pok! Pok!)”
Andi: “Jadi ayamku??”
Pak guru: “Mie sedap ayam spesial, asli ayamnya.”

Ada gambar: bungkusan mie, merk dagang WINGS FOOD, dan label halal MUI
Dan ada tulisan:
·         SOAL RASA LIDAH GAK BISA BOHONG
·         Puas sedapnya
·         Mie instan peraih ISO 22000

1)      Analisis Percakapan dalam Iklan
Andi sayang banget sama ayam-ayamnya.
Pok! Pok! Pok! Pok!
Andi: “Nek aku sekolah ya?” (inisiasi)
Sore itu..
Andi: “Nenek ayam-ayam ku mana?” (inisiasi)
Nenek: “Sudah  makan dulu sana, ada mie ayam spesial tuh!” (respon)
Andi: “Enak.. Ayamnya asli.” (feed back)
Andi: “Ayamkuuuuuuuuuuuuuuu!!! Ayamkuuuuuuuuuuuuu!!!” (inisiasi)
Nenek: “Bukan di.. ini Mie sedap baru dari kaldu ayam asli… rasanya (pok! Pok! pok!)” (respon)
Andi: “Jadi ayamku??” (inisiasi)
Pak guru: “Mie sedap ayam spesial, asli ayamnya.”
2)      Analisis Struktur Iklan
a.      Butir Utama
Butir utama berupa pertanyaan-pertanyaan. Hal ini dibuktikan pada percakapan di bawah ini:
Andi sayang banget sama ayam-ayamnya.
Pok! Pok! Pok! Pok!
Andi: “Nek aku sekolah ya?”
Sore itu..
Andi: “Nenek ayam-ayam ku mana?”
Nenek: “Sudah makan dulu sana, ada mie ayam spesial tuh!”

b.      Badan Iklan
Badan iklan ini bersifat subjektif, hal ini dibuktikan pada percakapan yang mengatakan bahwa mie ini enak dari kaldu ayam asli.

Andi: “Ayamkuuuuuuuuuuuuuuu!!! Ayamkuuuuuuuuuuuuu!!!”
Nenek: “Bukan di..  ini Mie sedap baru dari kaldu ayam asli… rasanya (pok! Pok! Pok!)”
Andi: “Jadi ayamku??”

Hal ini juga dibuktikan pada tulisan:
RASANYAA… POK! POK! POK! POK!
Kata yang dicetak tebal merupakan penegasan bahwa alasan yang dikemukakan pada bagian badan iklan tersebut bersifat subjektif.

c.       Penutup
Penutup iklan ini menggunakan teknik lunak, hal ini dibuktikan pada:
Pak guru: “Mie sedap ayam spesial, asli ayamnya.”

Ada gambar produk, merk dagang WINGS FOOD, dan label halal MUI
Dan ada tulisan:
·         SOAL RASA LIDAH GAK BISA BOHONG
·         Puas sedapnya
·         Mie instan peraih ISO 22000





1 komentar: